Offline Class
Detail Pendaftaran

Workshop Penguatan dan Akselerasi Penerapan Manajemen Risiko Berbantuan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO) (Maret 2023)

LATAR BELAKANG

Kita semua menyadari penerapan manajemen risiko mutlak harus dilakukan oleh organisasi/perusahaan pada era penuh ketidakpastian, terus berubah, tidak stabil, dan persaingan usaha yang tinggi pada saat ini. Namun sayangnya Bapak/Ibu sering merasa penerapan manajemen risiko masih sebatas formalitas sehingga belum bisa dijadikan alat pengambilan keputusan yang optimal. Hal ini dikarenakan lambat dan tidak akuratnya pengolahan data profil, mitigasi dan dampak risiko untuk menghasilkan informasi yang terintegrasi, relevan dan tepat waktu sebagai dasar pengambilan keputusan bagi Bapak/Ibu sebagai pemilik dan/atau pengelola risiko.

Solusi atas permasalahan diatas, Kami telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO) sebagai alat navigasi seluruh aktifitas perencanaan, penerapan, monitoring, evaluasi dan pelaporan manajemen risiko. SIMKO akan membantu Bapak/Ibu di setiap level jabatan melakukan kontrol terus menerus atas mitigasi risiko sehingga dampak risiko dapat ditekan dan diminimalisir secara efektif dan tepat waktu. SIMKO tersebut, sekaligus menjawab tuntutan pemanfaatan sistem informasi manajemen risiko pada BUMN sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor 05/MBU/09/2022.   

Berdasarkan hal tersebut, kami mengundang Bapak/Ibu mengikuti workshop selama 2 (dua) hari yang fokus memberikan praktik penerapan manajemen risiko berdasarkan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: 05/MBU/09/2022 dengan berbantuan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO).    

 

MANFAAT

Dengan mengikuti workshop yang dipandu oleh praktisi manajemen risiko dan teknologi informasi yang kompeten, Bapak/Ibu dapat:

  • Mengimplementasikan manajemen risiko  sebagaimana diamanatkan  Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor 05/MBU/09/2022;
  • Mengidentifikasi, mengukur, memantau dan mengendalikan risiko dan memastikan penerapan manajemen risiko pada seluruh proses bisnis secara efektif dengan berbantuan Sistem Informasi Manajemen Risiko yang telah teruji dan handal;
  • Akses dan mempergunakan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO) pada perusahaan Bapak/Ibu selama 1 (satu) bulan.  

 

SIAPA YANG HARUS HADIR?

  • Pimpinan dan Staf pada Divisi/Departemen: (1) Manajemen Risiko, (2) Keuangan, (3) Sekper (4) Auditor Internal, (5) Teknologi Informasi, (6) Operasional.
  • Organ Dewan Pengawas : Komite Audit dan/atau Komite Pemantauan Risiko.

 

MATERI

Hari-1

  • Memahami Kebijakan, Pelaksanaan dan Pelaporan Manajemen Risiko berdasarkan Permen BUMN No. 5 Tahun 2022;
  • Strategi penguatan dan percepatan penerapan manajemen risiko pada perusahaan

Hari-2

  • Overview Implementasi Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO);
  • Praktik perencanaan, penerapan, monitoring, evaluasi dan pelaporan manajemen risiko berbantuan Sistem Informasi Manajemen Risiko;
  • Bagaimana SIMKO dapat menavigasi bagi pengambilan keputusan guna memitigasi risiko dan menekan dampak risiko secara optimal?

 

JADWAL DAN BIAYA

Hari, Tanggal

:

Kamis-Jum'at, 9-10 Maret 2023

Pukul

:

08.00 – 17.00

Metode

:

Workshop Tatap Muka (Offline)

Tempat

:

Hotel Grand Tjokro Premiere

Jalan Cihampelas No. 211 – 2017 Bandung

Biaya

:

Rp. 6.000.000,00 (Enam Juta Rupiah)

Biaya tersebut belum termasuk akomodasi

Keterangan

:

Para peserta wajib membawa laptop

Mulai : 09, Mar 2023

Selesai : 10, Mar 2023

Request information