SELAMAT DATANG DI PPA&K OFFLINE CLASS

Media peningkatan kompetensi secara online di bidang Audit Internal, Audit Forensik, Manajemen Risiko, Good Corporate Governance, Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan.

Materi diklat dikembangkan spesifik dan aplikatif untuk menjawab tuntutan kebutuhan saat ini dan masa depan. Model pembelajaran dirancang melibatkan serangkaian proses yang mendorong setiap peserta berbagi pengetahuan, keterampilan nilai-nilai dan pengalaman dengan dipandu oleh fasilitator yang profesional dan berpengalaman.

Daftar Diklat

No Nama Diklat Biaya Waktu Pelaksanaan
1

Workshop Penguatan dan Akselerasi Penerapan Manajemen Risiko Berbantuan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMKO) (Maret 2023)

IDR 6.000.000,00 09 Mar 2023 - 10 Mar 2023
2

Diklat Dasar - Dasar Audit (Februari 2023)

IDR 13.200.000,00 13 Feb 2023 - 23 Feb 2023
3

Workshop Tatacara Asesmen Efektifitas Pengendalian Intern dan Kinerja SPI / Quality Assurance Review (Maret 2023)

IDR 6.000.000,00 09 Mar 2023 - 10 Mar 2023
4

Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit (Februari 2023)

IDR 13.475.000,00 13 Feb 2023 - 22 Feb 2023
5

Diklat Pengelolaan Tugas - Tugas Audit (Februari 2023)

IDR 16.500.000,00 13 Feb 2023 - 24 Feb 2023
6

Diklat Audit Forensik Dasar (Februari 2023)

IDR 14.575.000,00 13 Feb 2023 - 18 Feb 2023
7

Diklat Audit Forensik Lanjutan (Februari 2023)

IDR 15.675.000,00 13 Feb 2023 - 20 Feb 2023
8

Diklat Certified Governance Professional (Februari 2023)

IDR 14.080.000,00 20 Feb 2023 - 25 Feb 2023
9

Diklat Certified Chief Governance Officer (Fberuari 2023)

IDR 14.520.000,00 20 Feb 2023 - 24 Feb 2023
10

Diklat Qualified Risk Management Analyst (Februari 2023)

IDR 10.560.000,00 20 Feb 2023 - 25 Feb 2023
11

Diklat Qualified Chief Risk Officer (Februari 2023)

IDR 12.650.000,00 20 Feb 2023 - 24 Feb 2023
12

Diklat Audit Sampling (Februari 2023)

IDR 12.100.000,00 16 Feb 2023 - 21 Feb 2023
13

Diklat Self Assesment Internal Control (Februari 2023)

IDR 12.375.000,00 16 Feb 2023 - 21 Feb 2023
14

Diklat Audit Rumah Sakit (Februari 2023)

IDR 10.725.000,00 16 Feb 2023 - 21 Feb 2023
15

Diklat Audit Produksi (Februari 2023)

IDR 10.175.000,00 16 Feb 2023 - 19 Feb 2023
16

Diklat Audit SDM (Februari 2023)

IDR 10.175.000,00 16 Feb 2023 - 19 Feb 2023
17

Diklat Audit Sistem Komunikasi (Februari 2023)

IDR 10.175.000,00 16 Feb 2023 - 19 Feb 2023
18

Diklat Audit Manajemen Konstruksi (Februari 2023)

IDR 10.175.000,00 16 Feb 2023 - 19 Feb 2023
19

Diklat Manajemen Risiko ISO 31000 Berbasis TI (Februari 2023)

IDR 11.275.000,00 06 Feb 2023 - 10 Feb 2023
20

Diklat Akuntansi Dasar (Februari 2023)

IDR 14.575.000,00 26 Jan 2023 - 24 Feb 2023
21

Diklat Sistem Informasi Manajemen Aset Tetap (Februari 2023)

IDR 11.275.000,00 16 Feb 2023 - 20 Feb 2023
22

Diklat Keuangan Perusahaan (Februari 2023)

IDR 11.550.000,00 13 Feb 2023 - 21 Feb 2023
23

Diklat Appraisal Tingkat Dasar (Februari 2023)

IDR 11.550.000,00 16 Feb 2023 - 22 Feb 2023
24

Diklat Keuangan untuk Non Keuangan (Februari 2023)

IDR 11.000.000,00 16 Feb 2023 - 21 Feb 2023
25

Diklat Akuntansi BLU (Februari 2023)

IDR 10.450.000,00 16 Feb 2023 - 21 Feb 2023
26

Diklat Self Assessment Internal Control (Februari 2023)

IDR 12.375.000,00 16 Feb 2023 - 21 Feb 2023
27

Diklat Brevet Pajak AB (Februari 2023)

IDR 15.125.000,00 13 Feb 2023 - 26 Feb 2023
28

Diklat PPh 21/26 (Februari 2023)

IDR 12.100.000,00 16 Feb 2023 - 23 Feb 2023
29

Diklat PPN & PPN BM (Februari 2023)

IDR 11.550.000,00 16 Feb 2023 - 23 Feb 2023

News

DIKLAT DASAR-DASAR AUDIT JANUARI 2023 SUDAH DIBUKA

18 Jan 2023

Mengawali Tahun baru 2023, PPA&K sudah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Diklat yang dilaksanakan kali ini adalah Dasar-Dasar Audit, diselenggarakan di Green Forest Hotel Bogor, Jawa Barat. Diklat ini berlangsung mulai tanggal 16 sampai dengan 26 Januari 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Eri selaku Manager Diklat. Beliau mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah memilih PPA&K sebagai tempat dilaksanakannya diklat. Dihadapan para peserta yang semuanya merupakan Satuan Pengendali Internal (SPI) perusahaan, Ibu Eri menjelaskan peran penting kinerja SPI dan auditor internal yang saling berkaitan dalam upaya mencapai visi, misi, dan tujuan dari sebuah perusahaan. 

“Tugas utamanya adalah menjadi ‘polisi’ di perusahaan. Mengidentifikasi temuan dan memeriksanya,” kata Ibu Eri dalam sambutannya. 

Ibu Eri mengimbau para peserta untuk tidak malu bertanya kepada fasilitator yang akan memberikan materi. Seperti yang diketahui fasilitator PPA&K merupakan para praktisi dan akademisi profesional dan berpengalaman. 

“Silahkan Bapak dan Ibu memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dengan para fasilitator mengenai permasalahan di perusahaan Bapak dan Ibu semua, supaya setelah kembali dari diklat ini Bapak dan Ibu bisa menerapkan di perusahaan masing-masing,” lanjutnya. 

Diklat Dasar-Dasar Audit merupakan salah satu diklat yang rutin di laksanakan setiap bulan dan merupakan jenjang pertama dalam Program Pelatihan Audit Internal. Peserta akan mengikuti diklat tersebut selama 10 hari. Setelah selesai mengikuti Diklat Dasar-Dasar Audit, para peserta bisa menempuh jenjang berikutnya yaitu mengikuti Diklat Audit Operasional.

Selain diklat Audit Internal, adapun diklat lain yang diselenggarakan oleh PPA&K, mulai dari Audit Forensik, Good Corporate Governance, Risk Management, Akuntansi, Keuangan, hingga Perpajakan.

Read more

IN HOUSE TRAINING MANAJEMEN RISIKO BATCH 2 BAGI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII, PESERTA SEMAKIN AKTIF BERDISKUSI

29 Dec 2022

Setelah diselenggarakannya In House Training (IHT) Manajemen Risiko Batch 1, PPA&K kembali dipercaya untuk menyelenggarakan Batch 2 bagi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Kegiatan ini dilangsungkan di Kantor Pusat PTPN VIII, Bandung, Jawa Barat, pada 26 sampai 27 Desember 2022.

Para peserta berasal dari berbagai unit kerja di PTPN VIII, mulai dari kantor direksi hingga bagian kebun. Seperti batch pertama, pada batch kedua ini peserta lebih aktif dalam berdiskusi mengenai risiko yang melekat pada manajemen usaha unit kerjanya. Diskusi semakin aktif saat para peserta bersedia untuk menampilkan manajemen risiko dari masing-masing unit kerja. hal tersebut membuat para peserta sangat antusias dalam memahami penjelasan dari fasilitator yang sudah berpengalaman di bidang manajemen risiko. 

Atas pengalaman dan penjelasan fasilitator tersebut, peserta bisa mengetahui cara mengidentifikasi, menilai dan memetakan risiko yang akan terjadi.

“Dengan mengikuti kegiatan ini pastinya wawasan dan pengalaman saya dapat bertambah, juga dapat terimplementasi dalam pekerjaan saya,” ujar Dina Novelia, peserta yang memberikan kesan terhadap IHT Manajemen Risiko Batch 2 PTPN VIII.

Sejalan dengan itu peserta lain, Khairullah Alatas, juga merasa wawasannya mengenai manajemen risiko dapat bertambah, dan bekal ilmu yang sudah didapatkan dari fasilitator bisa berguna untuk diimplementasi agar kedepannya dapat lebih baik lagi.

“Saya berharap pelatihan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan sampai dengan tingkat BOD (Dewan Direksi), supaya bisa terimplementasi secara total di kantor kami,” kata Khairullah.

IHT Manajemen Risiko Batch 2 ditutup dengan dihadiri oleh Direktur operasional PPA&K, Bapak Budi Hanta. Kemudian dihadiri oleh Senior Executive Vice President PTPN VIII, Bapak Wispramono Budiman, dengan didampingi oleh Kepala Bagian Keuangan dan Manajemen Risiko, Ibu Mira Sumirah. Tidak ketinggalan kehadiran dari Bapak Mohammad Rizqa, selaku Fasilitator.

Terima kasih kepada PTPN VIII yang secara penuh memberikan kepercayaan dalam pelaksanaan IHT Manajemen Risiko Batch 1 dan Batch 2. Sampai jumpa pada pelatihan selanjutnya.

Read more

DIKLAT CERTIFIED GOVERNANCE OVERSIGHT PROFESSIONAL (CGOP) PERIODE DESEMBER 2022 TELAH SELESAI

28 Dec 2022

PPA&K telah selesai melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Certified Governance Oversight Professional (CGOP). Kegiatan ini dilaksanakan di Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, pada 19 sampai 23 Desember 2022 dan diikuti oleh para komisaris, Komite Audit, Komite Good Corporate Governance, juga BUMN/BUMD. 

Selama mengikuti diklat para peserta sangat antusias dalam menerima materi dari fasilitator yang sudah berpengalaman dan profesional di bidang Good Corporate Governance (GCG) seperti Bapak Tumpal Pakpahan dan Bapak Ivan Irawan. Pada sesi pembelajaran, fasilitator memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertanya dan juga menjawab pertanyaan studi kasus dari fasilitator. Sehingga pada diklat CGOP peserta dapat berpartisipasi secara aktif dan diklat berjalan dengan efektif. 

Pada kegiatan diklat CGOP ini PPA&K bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Mitra Kalyana Sejahtera (LSP MKS) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Para peserta diklat yang sudah  selesai mengikuti diklat dan memenuhi syarat bisa melaksanakan ujian agar mendapatkan gelar sertifikasi CGOP. 

Setelah mengikuti diklat ini, peserta diharapkan mampu dan menerapkan apa yang telah dipelajari kedalam pekerjaannya. Dengan mengikuti Diklat CGOP peserta akan mendapat pemahaman pada bidang tata kelola di bidang pengawasan dan pembinaan tata kelola publik, serta manajemen risiko berbasis tata kelola dengan tugas melakukan peninjauan dan pengembangan praktik tata kelola.

Read more

ANTUSIASME PESERTA DARI PT PERKEBUNAN NUSANTARA (PTPN) VIII YANG MENGIKUTI IN HOUSE TRAINING MANAJEMEN RISIKO BATCH 1

24 Dec 2022

Manajemen risiko menjadi fokus yang sedang menjadi perhatian belakangan ini, terlebih saat keluarnya Peraturan Menteri BUMN Nomor Per- 5/MBU/09/2022 tentang Manajemen Risiko pada BUMN. Seperti yang diketahui, risiko pada perusahaan merupakan tanggung jawab dari semua unit kerja, sehingga kemampuan dalam manajemen risiko perlu ditingkatkan dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) agar risiko yang timbul dapat dimanfaatkan sebagai peluang bagi perusahaan. 

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII memberikan kepercayaan bagi PPA&K untuk menyelenggarakan In House Training (IHT) Manajemen Risiko batch pertama bagi 42 pegawainya. Kegiatan ini dilangsungkan di Kantor Pusat PTPN VIII yang berada di Bandung, Jawa Barat, pada 22 sampai 23 Desember 2022. 

PPA&K selaku penyelenggara sudah matang mempersiapkan fasilitator yang akan membekali para peserta. Para fasilitator yang dilibatkan selama IHT berlangsung adalah para praktisi dan akademisi yang sudah puluhan tahun mendalami bidang manajemen risiko. 

“Selama dua hari kedepan, Bapak dan Ibu semua akan menerima teori dan melakukan praktik yang meliputi praktik mengidentifikasi risiko, penilaian risiko, evaluasi, dan mitigasi atau upaya mengurangi risiko,” Ujar Bapak Supriyadi, Direktur Utama PPA&K, dalam sambutannya.

Selain itu, Direktur PTPN VIII, Bapak Didik Prasetyo, mengingatkan bahwa risiko bisa terjadi dimana saja dan juga memberikan dukungan kepada para peserta agar setelah mengikuti kegiatan IHT ini dapat memahami, menerapkan, dan mengimplementasikan ilmu yang telah didapat secara konsisten dalam pekerjaan.

“Bapak dan Ibu semua tidak perlu tegang dalam pelatihan ini. Mari kita ikuti in house training ini dengan suka cita dan penuh semangat,” kata Bapak Didik.

PTPN VIII merupakan salah satu perusahaan BUMN yang mengelola, mengolah, dan memasarkan hasil perkebunan seperti kelapa sawit, karet, teh, aneka kekayuan, dan tanaman lain. PTPN VIII telah mengikuti setidaknya tujuh jenis diklat di PPA&K, yaitu Dasar - Dasar Audit, Audit Operasional, Diklat Khusus bagi Kepala SPI, Komunikasi dan Psikologi Audit, EDP Audit, dan Profesional Internal Auditor. Terima kasih kepada PTPN yang telah memberikan kepercayaan kepada PPA&K. Sampai jumpa pada diklat selanjutnya.

Read more


News

DIKLAT AUDIT INTERNAL SECARA TATAP MUKA DI PPA&K PERIODE DESEMBER 2022

17 Dec 2022

Setiap perusahan membutuhkan sumber daya yang teliti dan handal dalam memberikan penilaian terhadap kinerja dan pengendalian internal perusahaan tersebut. Salah satu cara untuk meningaktkan Sumber Daya Manusia yang unggul adalah melalui pelatihan

Penghujung tahun 2022 diwarnai PPA&K dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) secara tatap muka yang berlangsung di Hotel Green Forest Bogor, Jawa Barat. Diklat audit internal yang diikuti oleh para peserta meliputi Diklat Dasar-Dasar Audit, Diklat Audit Operasional, dan Diklat Khusus Kepala SPI. 

Pembukaan diklat dilakukan pada waktu yang berbeda. Diklat Dasar-Dasar Audit dan Diklat Audit Operasional dibuka pada 12 Desember 2022, sedangkan untuk diklat Khusus Bagi Kepala SPI dilakukan pada 15 Desember 2022. 

Diklat Dasar-Dasar Audit dan Audit Operasional adalah tahap awal pada diklat Audit Internal, dengan diberikan materi oleh fasilitator handal untuk belajar dan berdiskusi merupakan suatu kesempatan besar juga peluang untuk mengikuti diklat jenjang selanjutnya. Sedangkan untuk para peserta Diklat Khusus bagi Kepala SPI akan diberikan pemahaman mengenai teknis audit yang efektif dan berbagai hal yang patut diketahui oleh pimpinan unit audit internal agar bisa melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur. 

Bagi peserta diklat Audit Operasional dan Khusus Kepala SPI yang memenuhi syarat akan mengikuti assessment setelah menerima materi, latihan, dan ujian di dalam kelas. Assessment tersebut akan dinilai oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi Auditor Internal (LSPAI). 

Rangkaian Diklat Audit Internal ini diagendakan pada waktu yang berbeda. Diklat Khusus bagi Kepala SPI akan selesai pada 21 Desember 2022. Sedangkan untuk Diklat Dasar-Dasar Audit dan audit Operasional akan selesai pada 22 Desember 2022. Secara khusus, kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak/Ibu yang telah memilih PPA&K sebagai tempat untuk pendidikan dan pelatihan. Sampai bertemu pada Diklat tahun 2023????

Read more

IN HOUSE TRAINING PERSIAPAN DAN UJI KOMPETENSI CERTIFIED FORENSIC AUDITOR (CFRA) DI LINGKUNGAN INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA SE-KALIMANTAN TIMU

23 Nov 2022

Fraud merupakan sebuah kecurangan yang terjadi pada sebuah instansi/perusahaan yang diakibatkan oleh orang maupun kelompok yang berasal dari dalam maupun dari luar instansi/perusahaan itu sendiri. Jika itu terjadi, bukan hal mudah dalam mengungkap dan membuktikan fraud itu terjadi karena pada dasarnya fraud adalah hal yang disengaja dan disembunyikan. 

Demi mewujudkan tata kelola yang baik, perusahaan harus memiliki sumber daya yang ahli untuk mencegah, mendeteksi, dan memastikan adanya fraud atau tidak. Maka dari itu Instansi/perusahaan harus memberikan bekal kepada para pegawainya yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) Internal Audit khususnya Audit Operasional dan Audit Kecurangan, sebaiknya mengarahkan untuk mengikuti diklat Audit Forensik. Seperti yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur yang mempercayakan Persiapan dan Uji Kompetensi Certified Forensic Auditor (CFrA) kepada PPA&K, selaku lembaga pendidikan dan pelatihan. 

Secara tatap muka, diklat Persiapan dan Uji Kompetensi CFrA dilaksanakan di Swiss-Belhotel Balikpapan, Kalimantan Timur, dan dibuka oleh Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi, pada 21 November 2022. 

Bapak Supriyadi menjelaskan tujuan dari diklat ini adalah untuk membekali pesertanya agar bisa membuktikan, mengungkapkan, menyelesaikan, serta penelusuran dan pemulihan aset yang diakibatkan oleh adanya kecurangan di sebuah instansi/perusahaan. Penyelenggaraan diklat ini juga didampingi oleh fasilitator yang sudah berpengalaman di bidang audit forensik dengam materi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan instansi/perusahaan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Audit Forensik (SKKNI AF).

“Jadi setelah mengikuti diklat ini Bapak dan Ibu bisa langsung melakukan uji kompetensi sertifikasi auditor forensik, dan semoga Bapak dan Ibu bisa menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dalam mengatasi fraud di instansi tempat Bapak dan Ibu bekerja,” tegas Bapak Supriyadi. ?

Diagendakan diklat Persiapan dan Uji Kompetensi Certified Forensic Auditor (CFrA) di Lingkungan Inspektorat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur akan berlangsung selama 10 hari, mulai 21 November hingga 1 Desember 2022 dengan diikuti oleh 38 pegawai.

Read more

AKTIF SEBAGAI LEMBAGA DIKLAT, PPA&K MEMBUKA DIKLAT TATAP MUKA PERIODE NOVEMBER 2022

18 Nov 2022

PPA&K telah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) sejak didirikan pada tahun 1984. Hingga tahun 2022 ini, PPA&K masih aktif dan terus mengembangkan program diklat agar tetap menjadi lembaga terpercaya dan handal dalam pengembangan SDM bagi kebutuhan intasnsi/perusahaan. 

Pada bulan November 2022 ini, PPA&K kembali menyelenggarakan diklat yang dilaksanakan secara tatap muka, di Green Forest Hotel Bogor. Diklat yang dilaksanakan antara lain, Dasar-Dasar Audit, Komunikasi Psikologi Audit, Akuntansi Badan Layanan Umum (BLU), dan Manajemen Piutang BLU

Pembukaan diklat dilakukan sebanyak dua gelombang. Pada gelombang pertama dilakukan pada 14 November 2022 ditujukan untuk Diklat Dasar-Dasar Audit dan Komunikasi Psikologi Audit. Sedangkan pada gelombang kedua untuk Akuntansi BLU dan Manajemen Piutang BLU pada 17 November 2022. 

Pada pembukaan gelombang kedua Direktur utama PPA&K, Bapak Supriyadi, menyampaikan pentingnya diklat bagi para peserta yang memiliki latar belakang bidang ekonomi, terlebih yang bekerja pada perusahaan berbadan layanan umum. 

“Kalau akuntansi BLU, nanti pasti outputnya ada saatnya Bapak-Ibu harus menulis laporan. Bukan hal mudah menulis laporan, kita butuh ketelitian dalam melakukannya,” kata Bapak Supriyadi dalam sambutannya. 

Bapak supriyadi juga menyinggung sedikit mengenai Manajemen piutang BLU yang merupakan sejumlah transaksi yang wajib dibayarkan kepada perusahaan berbadan layanan umum yang biasanya muncul akibat dari adanya perjanjian atau hal lain yang sah untuk ditagih. 

“Maka dari itu, diklat ini bertujuan agar Bapak-Ibu bisa mengelola piutang BLU yang tertib, efektif, efisien, dan tentunya bisa dipertanggungjawabkan,” tambahnya. 

Diagendakan diklat akan selesai pada waktu yang berbeda. Diklat Akuntansi BLU selesai pada 20 November, Manajemen Piutang BLU selesai pada 22 November, Komunikasi Psikologi Audit pada 23 November, dan Dasar-Dasar Audit akan selesai pada 24 November 2022. 

Read more

IN HOUSE TRAINING (IHT) PERSIAPAN DAN UJI KOMPETENSI CERTIFIED GOVERNANCE PROFESSIONAL (CGP) BAGI LINGKUNGAN INSPEKTORAT PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA SE-KALIMANTAN TIMUR

14 Nov 2022

Tata Kelola Perusahaan/Good Corporate Governance (GCG) merupakan hal yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan instansi/perusahaan dalam jangka panjang. Faktor internal seperti budaya perusahaan dan mekanisme kerja manajerial adalah pendorong bagi keberhasilan penerapan GCG. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah keahlian khusus agar setiap pelaksanaan tugas di sebuah perusahaan dapat berjalan dengan semestinya.

PPA&K sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan kali ini dipercaya untuk menyelenggarakan In House Training (IHT) Persiapan dan Uji Kompetensi Certified Governance Professional (CGP) di Lingkungan Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur Tahun 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh 62 peserta dan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 11 November 2022 di Hotel Grand Tjokro Balikpapan. 

Dua kelas terisi penuh oleh peserta yang antusias menerima materi dari fasilitator yang berasal dari praktisi dan akademisi yang kompeten dan berpengalaman. Selama 4 hari mengikuti IHT para peserta akan dievaluasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Mitra Kalyana Sejahtera (LSP MKS). Di hari terakhir, akan ada uji kompetensi untuk mengukur capaian kompetensi peserta.

"Uji kompetensi dari LSP MKS sudah berlisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pedoman kita dinaungi oleh Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) yang berada dibawah Kementerian Perekonomian, sehingga kami dari PPA&K akan mempersiapkan Bapak dan Ibu sekalian sesuai dengan pedoman dan regulasi yang sah dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan," Ujar Bapak Supriyadi, Direktur Utama PPA&K pada pembukaan IHT.

Para peserta memegang peranan penting selama IHT. Efektivitas dari keberlangsungan IHT bergantung pada keaktifan peserta di dalam kelas. Bapak Supriyadi mengimbau kepada para peserta untuk fokus dan tetap semangat dalam mengikuti IHT. 

"Ayo kita ikuti diklat ini dengan penuh suka cita, agar bisa berguna untuk kedepannya," tutup Bapak Supriyadi. 

Terima kasih kepada Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur yang telah mempercayai kegiatan IHT Persiapan dan Uji Kompetensi Certified Governance Professional (CGP) kepada PPA&K. Semoga kita dapat bertemu dalam kegiatan selanjutnya.

Read more


News

DIKLAT VIRTUAL CLASS PERIODE NOVEMBER 2022 RESMI DIBUKA

07 Nov 2022

Setiap bulannya PPA&K menyelenggarakan Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) baik secara virtual maupun tatap muka. Pada Senin, 7 November 2022 telah dilakukan pembukaan Diklat Virtual Class Audit Internal dan Manajemen Risiko melalui Zoom pukul 08.00 WIB. Pada Diklat Audit Internal yang diselenggarakan pada bulan ini terdiri dari Diklat Audit Operasional, Diklat Audit Kecurangan, Diklat Khusus Bagi Kepala SPI. Sedangkan untuk Diklat Manajemen Risiko terdiri dari Diklat Qualified Risk Management Professional (QRMP), dan Diklat Qualified Risk Governance Professional (QRGP).

 

Selain peserta diklat, acara pembukaan diikuti oleh Direktur Utama dan Direktur Operasional PPA&K, Para Fasilitator, serta perwakilan dari Lembaga Sertifikasi Manajemen Risiko juga Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Internal.

 

Pada Diklat Virtual kali ini, peserta berasal dari 13 perusahaan, diantaranya PT Angkasa Pura II, RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, Perum Jasa Tirta II, PT Kawasan Industri Terpadu Batang, PT Jasa Industrial Estate Pulogadung, PT Hakkaston, PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, Bank Kalimantan Barat, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, PT Hutama Karya (Persero), PT Pegadaian Galiri Dua Empat, PT Capital Life Indonesia, PT JNE Express. Bapak Supriadi, Direktur Utama PPA&K mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah mempercayakan penyelenggaraan diklat oleh PPA&K. ??

 

“Kita tahu bahwa diklat ini sangat penting. Apabila pengendalian internal sangat bagus dan risk management juga sangat baik, maka Perusahaan dapat terus berinovasi untuk melakukan ekspansi bisnisnya” kata Bapak Supriyadi.

 

Pada sambutannya beliau sempat menyinggung soal Indeks Persepsi Korupsi yang dimana Indonesia menempati posisi ke-96 dengan skor 38 dari skala 100. Kemudian beliau membahas mengenai tantangan ekonomi yang akan datang, meskipun saat ini kondisi ekonomi Indonesia cukup baik. Menurut IMF, saat ini perekonomian Indonesia masuk peringkat 7 Besar.

 

“Tantangan dari sisi auditor internal maupun dari sisi risk management. Kalau risk management berdasarkan perusahaan nanti memetakan risiko sehingga kedepannya tidak terguncang. Sedangkan dari sisi auditor internal diantaranya, bagaimana kita melakukan insurance yang meyakinkan, terutama korupsi,” pungkasnya.

 

Dijadwalkan para peserta akan memulai pembelajaran tepat setelah acara pembukaan selesai dan setiap diklat yang berlangsung akan berakhir di hari yang berbeda. Diklat Khusus Bagi Kepala SPI dan Diklat QRGP akan selesai pada 10 November 2022, kemudian Diklat Audit Kecurangan akan selesai pada 11 November 2022. Diklat QRMP dijadwalkan selesai pada 14 November 2022, sedangkan Diklat Audit Operasional akan selesai pada 16 November 2022.

 

Selama diklat berlangsung, di setiap akhir sesi pembelajaran akan dilakukan ujian sebagai tes pemahaman materi. Khusus bagi peserta diklat QRMP dan QRGP akan dievaluasi secara langsung oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Mitra Kalyana Sejahtera (LSP MKS).

Read more

PPA&K MENYELENGGARAKAN DIKLAT SERTIFIKASI QRMO OKTOBER 2022

25 Oct 2022

Pada aktivitas perusahaan, ada yang dinamakan peluang dan risiko. Peluang adalah sebuah kesempatan untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan risiko adalah sesuatu yang bisa berdampak buruk bagi keberlangsungan perusahaan. Adanya hal tersebut membuat pelaku usaha harus memahami manajemen risiko agar bisa mengatur strategi dan menerapkan kebijakan untuk meminimalisir suatu hal yang menurunkan kualitas perusahaan. 

PPA&K sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) menyediakan berbagai diklat, salah satunya Diklat Sertifikasi Manajemen Risiko. Pada bulan Oktober 2022 PPA&K menyelenggarakan Diklat yang ditujukan bagi entry level dan staf yang berfungsi sebagai Risk Officer tingkat mula atau disebut Diklat  Sertifikasi Qualified Risk Management Officer (QRMO). Tujuan diadakannya diklat ini adalah untuk memberikan pemahaman dalam mengidentifikasi, mengukur, memetakan, memonitor, dan mengendalikan penanganan risiko di sebuah perusahaan. Kegiatan tersebut dilangsungkan secara tatap muka di Dafam Fortuna Malioboro, Yogyakarta. 

Pada Diklat Manajemen Risiko ini diikuti oleh peserta yang berasal dari Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, PT LPP Agro Nusantara, dan PT Sawit Sumbermas Sarana, Tbk. Peserta dijadwalkan mengikuti diklat sampai tanggal 20 Oktober 2022. Selama mengikuti diklat, peserta sangat antusias untuk berdiskusi dengan para pengajar yang berpengalaman di bidang Manajemen Risiko. 

Setelah diklat selesai, peserta dijadwalkan mengikuti uji kompetensi untuk mendapat gelar QRMO oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Mitra Kalyana Sejahtera (LSP MKS) pada 21 Oktober 2022. Diharapkan setelah mengikuti sertifikasi ini para peserta dapat menerapkan ilmu yang telah di dapat untuk efektifitas perusahaan.

Read more

PPA&K DIPERCAYA MENJADI PENYELENGGARA IN HOUSE TRAINING BAGI BALAI PELATIHAN KESEHATAN CIKARANG

19 Oct 2022

Membangun sebuah instansi menjadi lebih baik adalah sebuah keharusan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya, untuk itu dibutuhkan sebuah tata kelola agar instansi tersebut bisa mencapai tujuannya. PPA&K kerap dipercaya oleh perusahaan besar untuk menyelenggarakan In House Training (IHT) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari sebuah perusahaan. Pada kesempatan kali ini, Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang mempercayakan IHT Satuan Kepatuhan Intern (SKI) dan IHT Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) diselenggarakan oleh PPA&K mulai dari 19 sampai 21 Oktober 2022 di Park Hotel, Jakarta. 

 

Kerjasama antara Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang dengan PPA&K sudah terjalin cukup lama. Begitu pula dengan penyelenggaraan IHT bukan kali pertama, hal ini diungkap oleh Bapak Supriyadi, Direktur Utama PPA&K. 

 

“Sudah dua tahun kita tidak bertemu, terima kasih karena untuk kesekian kalinya mempercayakan In House Training untuk diselenggarakan PPA&K,” ujar Bapak Supriyadi pada pembukaan IHT. 

 

Tujuan dari IHT SKI adalah membekali peserta diklat dengan pengetahuan mengenai pemantauan dan evaluasi tata kelola unit kerja, pemantauan dan evaluasi manajemen risiko, pemantauan dan evaluasi pengendalian intern. Sedangkan IHT LAKIP berjutuan untuk untuk membekali peserta diklat dengan pengetahuan mengenai bagaimana perencanaan strategi sektor private dan publik, keterkaitan manajemen kinerja dengan perencanaan strategi, indikator kinerja, penyusunan LAKIP dan manajemen kinerja. 

 

Disampaikan oleh Ketua Balai Pelatihan Kesehatan, Bapak Suherman, mengenai SKI dan LAKIP adalah hal yang yang wajib dipahami dalam mengelola sebuah instansi. Terkait dengan LAKIP bukan hanya sekadar program kegiatan dan anggaran saja, melainkan soal target dan bagaimana hasil dari apa yang telah dibuat akan dinilai. 

 

“Itu semua akan dituangkan dalam bagian dari kinerja. Perjanjian kinerja ini harus dipertanggungjawabkan di setiap kegiatan,” ujar Bapak Suherman. 

 

Mengenai SKI, Bapak Suherman menjelaskan bahwa itu adalah hal yang menunjang dari sisi managerial sebagai social control. Sangat lah penting untuk dipahami agar saat ada kesalahan sekecil apapun dapat langsung ditindaklanjuti. Hal ini lah yang membuat Balai Pelatihan Kesehatan menilih PPA&K sebagai penyelenggara IHT. 

 

“karena itu penting dan kita sudah bersinergi maka pilihan yang tepat untuk meminta PPA&K menyelenggarakan pelatihan seperti ini karena materi yang diberikan nanti saya lihat sudah sesuai,” tutupnya. 

 

Read more

DIKLAT KORPORASI TATAP MUKA PADA OKTOBER 2022

17 Oct 2022

Pada dunia kerja tentunya kita membutuhkan pengembangan pengetahuan dan peningkatan keterampilan. Seorang pegawai biasanya akan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk meningkatkan kedua hal tersebut agar dapat mengerjakan tugasnya dengan maksimal.

PPA&K berkomitmen untuk menyelenggarakan Program Diklat setiap bulan, baik secara virtual maupun tatap muka. Diklat yang diselenggarakan secara tatap muka kali ini berlangsung di Hotel Green Forest, Bogor. 

Terdapat 3 program diklat yang berlangsung, yakni Diklat Dasar-Dasar Audit, Diklat Manajemen Kas, dan Diklat Kepala SPI.

Pada 14 Oktober 2022, dilakukan pembukaan diklat gelombang kedua yang diikuti oleh peserta dari Diklat Manajemen Kas dan Diklat Kepala SPI. Adapun yang mengikuti diklat ini berasal dari berbagai perusahaan, diantaranya PT Semen Baturaja (Persero) Tbk., PT Hutama Karya Infrastruktur, PT Krakatau Daya Listrik, Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta? UIN Mataram, UIN Raden Intan Lampung, IAIN Sultan Amay Gorontalo, dan Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita

Pembukaan diklat dilakukan oleh Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi. Beliau menyampaikan jika pada era yang semakin maju ini kita juga harus mengembangkan diri dengan mengikuti diklat. 

"Kebaharuan pasti terjadi. Maka dari itu, mari kita jalani diklat ini dengan penuh suka cita. Materi yang Bapak dan Ibu dapatkan sudah pasti materi terbaru dengan instruktur atau pengajar yang profesional dan berpengalaman," ujar Bapak Supriyadi. 

Sebelumnya telah dilakukan pembukaan diklat gelombang pertama pada 10 Oktober 2022 dengan diikuti peserta Diklat Dasar-Dasar Audit. Adapun dari Diklat ini direncanakan akan selesai pada 19 Oktober 2022. Sedangkan untuk Diklat Manajemen Kas dan Diklat Kepala SPI dijadwalkan akan selesai pada 16 Oktober 2022. Khusus Diklat Kepala SPI akan dilakukan uji kompetensi pada tanggal 18 Oktober 2022.

Read more


News

PPA&K TURUT SERTA PADA KONFERENSI NASIONAL IIA, IMPACTFUL INTERNAL AUDIT IN CHANGING WORLD

14 Oct 2022

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) turut serta dalam Konferensi Nasional yang diselenggarakan oleh Institute of Internal Auditors (IIA) Indonesia dengan tajuk “Impactful Internal Audit in Changing World”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 12 sampai 13 Oktober 2022 secara tatap muka di Hotel Four Point by Sheraton, Bali.

Selama dua hari peserta konferensi menerima pemaparan yang diisi oleh lebih dari 20 orang pembicara dan presenter internasional yang membahas isu dan tren saat ini terutama yang berkaitan dengan ekonomi dan globalisasi. Hal itu demi mempersiapkan para professional dalam menghadapi tantangan global, digitalisasi ekonomi, dan teknologi baru.

Tidak hanya mengikuti sebagai peserta konferensi, PPA&K juga membuka stan yang mendukung kegiatan ini. Pada stan PPA&K para peserta konferensi dapat berkonsultasi mengenai pendidikan dan pelatihan terkait dengan bidang Auditor, Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Resiko, Akuntansi, Keuangan, dan Perpajakan.

Sejalan dengan tajuk konferensi, PPA&K selalu beradaptasi dengan dunia yang semakin berkembang. Hal ini ditunjukkan dengan materi yang digunakan pada pendidikan dan pelatihan merupakan materi terbaru yang telah disesuaikan. Tidak hanya di bidang Auditor, pada bidang Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Resiko, Akuntansi, Keuangan, dan Perpajakan juga diberlakukan hal yang sama.

Oleh karena itu, mari ikuti pendidikan dan pelatihan di PPA&K, To PRESENT The Future Today.

Read more

DIKLAT KORPORASI TATAP MUKA BULAN SEPTEMBER 2022 SUDAH DIBUKA

12 Sep 2022

Korporasi merupakan suatu badan usaha yang berjalan sesuai dengan regulasi yang sah dan melibatkan berbagai pihak demi kelangsungan hidupnya. Maka untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan sebuah pelatihan khusus bagi para pegawainya agar kualitas suatu badan usaha bisa meningkat.

 

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) memiliki program Diklat Korporasi dengan tujuan menambah wawasan dan keterampilan peserta sehingga bisa menjadi lebih kompeten dan professional dalam menjalankan tugasnya di perusahaan. Selain dilaksanakan secara virtual, PPA&K juga menyelenggarakan Diklat Korporasi ini secara tatap muka yang rutin dilaksanakan setiap bulan.

 

 

Ada tiga Diklat Korporasi yang dibuka secara bersamaan pada 12 September 2022, antara lain Diklat Dasar-Dasar Audit, Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit dan Diklat Teknisi Akuntansi Dasar.  Waktu pelaksanaan masing – masing diklat berbeda, Diklat Dasar-Dasar Audit berlangsung pada 12 sampai 22 September 2022, Diklat Komunikasi dan Psikologi Audit berlangsung pada 12 sampai 21 September 2022 dan Diklat Teknis Akuntansi Dasar yang akan dilaksanakan pada 12 sampai 18 September 2022. Sedangan untuk Diklat Analisis Laporan Keuangan akan dibuka pada 16 September 2022 dan akan berlangsung sampai 20 September 2022 di Grand Forest Hotel, Bogor.

 

Secara keseluruhan, Diklat Korporasi ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai instansi/perusahaan, diantaranya Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Perumda Air Minum Kota Makassar, Perum Jasa Tirta II, Perumda Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, PT BPD Lampung, PT Petrokimia Kayaku, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kota Surakarta, PT Semen Padang, PT Sinergi Perkebunan Nusantara dan PT Rumah Sakit Pelabuhan.

 

Bapak Supriyadi selaku Direktur Utama PPA&K menyampaikan harapan dalam sambutannya agar kegiatan Diklat Korporasi ini dapat berjalan dengan lancar dan peserta dapat menerapkan ilmu yang nantinya diperoleh ke dalam perusahaan masing - masing peserta.

 

“Mari Bapak dan Ibu semua kita semangat dalam menjalankan rangkaian diklat ini supaya saat kegiatan ini selesai maka akan bertambah pula sumber daya yang professional dan berkualitas,” kata Bapak Supriyadi.

 

Selama diklat berlangsung peserta akan dijadwalkan untuk menerima materi dari fasilitator yang berpengalaman sebagai praktisi dan akademisi di bidang audit dan keuangan. Kemudian peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan mengerjakan latihan soal. Diluar itu, PPA&K juga akan mengalokasikan 1 hari yang akan digunakan para peserta untuk kegiatan outing ke lokasi yang telah ditentukan, dengan tujuan penyegaran peserta ditengah mengikuti jadwal diklat yang begitu padat.

 

 

Read more

AUDITOR INSPEKTORAT PROVINSI PAPUA BARAT MENGIKUTI IN HOUSE TRAINING DASAR - DASAR AUDIT

09 Sep 2022

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) telah selesai menyelenggarakan In House Training (IHT) Dasar-Dasar Audit untuk para Auditor dari Inspektorat Provinsi Papua Barat. Pembukaan IHT telah dilakukan pada 29 Agustus 2022. Penyampaian Materi pada IHT ini disampaikan oleh fasilitator yang kredibel dan professional yaitu Bapak M. Sonhadi dan Bapak Tumpal Pakpahan, dimana keduanya merupakan praktisi dan akademisi di bidang Auditor Internal. Selain itu, mereka juga memiliki pengalaman bekerja pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

 

Penyampaian materi pada IHT ini disampaikan oleh fasilitator yang kredibel dan professional, Bapak M. Sonhadi yang memiliki pengalaman bekerja di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Bapak Tumpal Pakpahan yang berpengalaman sebagai seorang Akademisi di bidang Audit.

 

Sebelum membahas materi yang pertama, peserta diwajibkan untuk mengisi lembar pre-test untuk mengetahui tingkat pemahaman masing-masing perserta terhadap pengertian dasar audit, sistem pengendalian intern, teknik-teknik audit, penyusunan program kerja audit, kertas kerja audit, dan laporan hasil audit.

 

IHT Dasar-Dasar Audit berlangsung mulai tanggal 29 Agustus hingga 3 September 2022 di Grand Inna Malioboro, Yogyakarta. Selama lima hari mengikuti IHT, peserta tetap antusias untuk mendengarkan materi dari fasilitator dan aktif berdiskusi. Salah satu peserta IHT, Yohana Rante Tasak, menyampaikan besarnya antusias pesertatidak terlepas dari peran PPA&K yang telah menyelenggarakan IHT dengan baik, termasuk menghadirkan fasilitator yang benar-benar memiliki kapasitas ilmu yang luas dalam audit internal.

 

“Kami bersyukur mendapatkan fasilitator yang terbaik, yang mana fasilitator tersebut menyampaikan materi dengan sangat baik, dengan kata-kata yang mudah kami mengerti, dengan kata-kata sehari-hari, dan selalu menyelingi humor agar kami selama dikelas tidak mengantuk,” kata Yohana.

 

Harapan kedepan, Yohana ingin kembali mengikuti IHT lainnya dan PPA&K dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut di Wilayah Papua Barat agar semakin banyak lagi peserta yang berkesempatan untuk ikut.

                                                                                                                                               

“Jika ada diklat kompetensi lainnya kami ingin ikut lagi untuk pengembangan kompetensi kami selanjutnya, menjadi auditor yang berintegritas, yang independent, yang objektif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab,” tutupnya.

 

In House Training Dasar-Dasar Audit yang diselenggarakan oleh PPA&K merupakan pelatihan yang lakukan demi meningkatkan pemahaman dan kemampuan seorang auditor muda dalam melakukan kegiatan audit sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Setelah mengikuti dan dinyatakan lulus sebagai peserta IHT Dasar-Dasar Audit peserta bisa mengikuti diklat Audit Operasional, sebelum nantinya akan mengikuti sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk jenjang auditor melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Audit Internal (LSP-AI).

 

Read more

PEMBUKAAN IN HOUSE TRAINING DASAR-DASAR AUDIT INSPEKTORAT PROVINSI PAPUA BARAT

05 Sep 2022

Bagi seorang auditor, dasar-dasar audit adalah landasan utama yang wajib dipahami sebelum ditugaskan untuk melakukan penugasan audit pada suatu instansi. Kali ini Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) digandeng oleh Inspektorat Provinsi Papua Barat untuk memberikan pelatihan atau In House Training mengenai Dasar-Dasar Audit bagi para pegawainya.

 

Pembukaan kegiatan dilakukan di Hotel Grand Inna Malioboro Jogja pada 29 Agustus 2022 pukul 08.00 WIB hinggal pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian adanya sambutan dari Bapak Kristian Towa Siba, selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan Inspektorat Daerah Papua Barat sempat menyinggung perjuangan peserta untuk bisa menjalani In House Training.

 

“Kita jauh-jauh dari Papua Barat melalui perjalanan yg melelahkan, dari Manokwari sampai Sorong, bahkan Makasar lalu sampai di Jogja, kota ilmu pengetahuan. Jadi tidak salah kita boleh hadir disini mengikuti diklat pada hari ini dan 5 hari ke depan,” ujar Pak Kristian dalam sambutannya.

 

Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Supriyadi selaku Direktur Utama PPA&K yang menyampaikan bahwa PPA&K terus berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi kedepannya.

 

“Selain diklat, PPA&K juga ada sertifikasi kompetensi untuk auditor, semoga setelah Bapak-Ibu menyelesaikan Diklat Dasar-Dasar Audit ini, Bapak-Ibu bisa melanjutkan ke diklat selanjutnya sampai akhirnya memiliki sertifikasi kompetensi,” kata Bapak Supriyadi.

 

Pembukaan In House Training ditandai dengan pengalungan nametag secara simbolik kepada perwakilan peserta. Setelah itu peserta diberikan waktu istirahat selama 15 menit dan dilakukan pre-test sebelum masuk ke materi yang pertama.

 

Kegiatan In House Training akan diselenggarakan mulai tanggal 29 Agustus 2022 sampai dengan 2 september 2022. Selama kegiatan ini berlangsung, peserta akan dibekali langsung materi oleh para praktisi audit yang kompeten dan berpengalaman, sehingga diharapkan setelah kegiatan ini selesai peserta bisa mengimplementasikan ilmu yang telah di dapat dalam pekerjaannya.

Read more


News

DIKLAT AUDIT DAN PENGELOLAAN KEUANGAN BLU BULAN AGUSTUS 2022 TELAH SELESAI

31 Aug 2022

Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) telah selesai menyelenggarakan Diklat Audit dan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) yang diikuti oleh peserta yang berasal dari BUMN, BUMD/Perseroda, swasta, institusi Pendidikan dan Rumah Sakit. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di Padjadjaran Suite Resort & Convention Hotel, Bogor, Jawa Barat, mulai pada tanggal 15 Agustus hingga 25 Agustus 2022.

 

Tak hanya satu, PPA&K membuat beberapa Diklat terselenggara bersama, diantaranya: Diklat Dasar-Dasar Audit, Diklat Audit Operasional, Diklat Audit Kecurangan, Diklat Khusus bagi Kepala Satuan Pengawas Internal (KA SPI), Diklat Penulisan Laporan Hasil Audit yang Efektif (PLHAE), dan Diklat Piutang BLU.

 

Peserta diklat turut antusias karena dibekali oleh pengajar yang berpengalaman sebagai dosen Politeknik Keuangan Negara STAN, berpengalaman sebagai auditor pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI), serta para praktisi lain yang kompeten di bidang audit. Antusiasme peserta diklat ditunjukkan dengan semangatnya saat mengikuti diskusi dan pembelajaran sehingga dinyatakan lulus dengan nilai yang baik.

 

Rangkaian diklat ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari peserta dan diumumkannya peserta terbaik atau terfavorit selama diklat. Adanya diklat ini membuat pemahaman para peserta bertambah dan diharapkan hal itu akan diimplementasikan di instansi/perusahaan tempat para peserta bekerja.  

 

Setelah melalui rangkaian diklat, bagi peserta yang telah menyelesaikan Diklat Audit Operasional dan memenuhi syarat dilakukan uji kompetensi Auditor Internal 1 (Muda) sedangkan peserta yang telah menyelesaikan Diklat Audit Kecurangan dan memenuhi syarat dilakukan uji kompetensi Auditor Internal 2 (Madya). Bagi peserta yang telah menyelesaikan Diklat Khusus bagi Kepala Satuan Pengawas Internal (KA SPI) dilakukan uji kompetensi Pengelolaan Satuan Pengawas Internal. Masing-masing uji kompetensi tersebut dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Internal (LSPAI).

Read more

MEDIA PENINGKATAN KOMPETENSI PADA ERA “THE NEW NORMAL”

20 Apr 2020

Sampai dengan awal tahun 2020, Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang audit internal, audit forensik, manajemen risiko, Good Corporate Governance, Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan secara tatap muka langsung. Peserta dan fasilitator wajib hadir secara fisik di ruang-ruang kelas yang bertempat di berbagai kota yaitu Puncak Bogor, Yogyakarta, Malang dan Bandung.

Diawali di Wuhan RRC, pandemi Covid-19 menyebar hampir ke seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Pandemi Covid-19 memberi dampak cepat dan luar biasa bagi kesehatan dan menjalar ke segenap sisi kehidupan. Untuk menghindari penyebaran Covid 19 yang lebih luas, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan menjaga jarak (Physical Distancing)  lebih 1 (satu) meter dari orang lain. Penerapan ketentuan tersebut diantaranya work from home (WFH), menghindari pertemuan besar dan transportasi umum. Berkat teknologi informasi yang begitu maju, kita masih bisa tetap berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus berada dalam ruangan yang sama secara fisik.

Pada masa pascapandemi Covid-19 sebagai the new normal, diprediksi ada tren perubahan sosial, lingkungan dan bisnis. Interaksi fisik akan semakin terbatas namun interaksi digital selama masa WFH akan bertahan menjadi opsi utama dalam beraktifitas. 

Sebagai strategi untuk menghadapi kondisi saat ini dan pascapandemi Covid 19, PPA&K telah membangun portal Pembelajaran Jarak Jauh atau e-learning dengan nama PPA&K Virtual Class. Portal tersebut akan menghubungkan peserta baik dengan fasilitator maupun panitia dalam proses diklat.

Proses diklat setidaknya terdiri atas 3 (tiga) jenis aktivitas. Pertama, aktivitas diklat berupa pembahasan konsep dan diskusi studi kasus menggunakan metode komunikasi pada waktu yang telah ditentukan (real time) dengan kehadiran fasilitator dan peserta. Dengan metode tersebut diharapkan peserta dapat mengikuti waktu diklat setiap hari secara terstruktur dan adanya interaksi dengan fasilitaor dan peserta lainnya. Fasilitas yang digunakan adalah Video Conference dengan memanfaatkan diantaranya google meet/zoom/m-teams.  

Kedua, peserta melakukan pembelajaran mandiri dengan membaca atau mendengar materi diklat diantaranya adalah e-book/slide/mediavisual/audiovisual yang diterima oleh peserta. Pembelajaran mandiri tidak terikat pada jadwal yang ketat, tidak memerlukan komunikasi antara fasilitator dan peserta pada waktu yang bersamaan. Pembelajaran mandiri memerlukan motivasi dan kesungguhan dari diri sendiri.

Ketiga, peserta diberikan penugasan atau ujian atas materi diklat yang telah ditentukan waktu penyelesaiannya pada platform PPA&K Virtual Class. Aktivitas tersebut guna mengevaluasi atas capaian tujuan dan sasaran diklat.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS: Ar-Rad :11). “Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup.” Mortimer J. Adler. (Filsuf Amerika)

Semoga krisis ini menjadikan kita semua terus berbenah, berubah dan bertumbuh serta lebih maju dan kuat lagi.

Read more

 

 

 

 

 

 



Request information Do you have some questions? Fill the form and get an answer!

Request information